sikap terhadap anak yang cerewet

  1. Jangan kasar Anak-anak yang memiliki rasa ingin tau yang besar berarti memiliki minat yang tinggi terhadap lingkungannya. Sebagai orangtua, Anda tak perlu kasar menyikapi anak cerewet. Bila si anak selalu bertanya bahkan sampai menanyakan hal yang tak penting, maka jelaskan dengan hati-hati dengan bahasa yang dipahami si kecil.

    anak cerewet

    anak cerewet

  2. Jangan bohong Bila si anak terus-menerus bertanya, maka jawablah dengan apa adanya dengan kata-kata yang mudah dia pahami. Jangan pernah membohongi anak karena kebohongan yang Anda katakan lama-kelamaan akan dicontoh si anak hingga ia dewasa nanti. Jika Anda tidak mengetahui jawabannya, maka mintalah untuk bertanya pada ayah, kakek, atau gurunya di sekolah.
  3. Menghargai pertanyaannya Terkadang anak-anak pada usia di bawah 5 tahun sering menanyakan hal-hal yang aneh. Namun, sebagai orangtua yang baik, Anda harus menghargai apapun pertanyaan yang dilontarkan si anak. Ajak si anak juga untuk sama-sama mencari tahu. Dengan begitu, keakraban akan terjalin dan si anak pun menjadi cerdas.
  4. Jangan batasi anak Ketika si anak melontarkan pertanyaan yang aneh, sebagian orantua ada yang memarahi dengan mengatakan, “Itu pertanyaan orang dewasa, jangan bertanya-tanya lagi!.” Bila hal tersebut Anda lakukan, maka akan mematikan kreatifitas si anak. Mematikan rasa ingin tahu anak bisa membuatnya merasa minder di hadapan orang lain dan teman-temannya bahkan bisa menjadi pribadi yang tertutup. Untuk itu, jawab saja dengan jujur agar pengetahuan anak bertambah dan ia menjadi cerdas. Anak-anak di usia balita sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat atau dikenal dengan masa emas. Pada masa-masa ini otak anak berkembang pesat dan kritis. Tak heran banyak anak yang cerewet dan selalu melontarkan pertanyaan kepada orangtuanya. Segala informasi yang diterimanya pada usia ini akan memiliki dampak di kemudian hari. Untuk itu, Anda harus berhati-hati menjawabnya jika si kecil melontarkan pertanyaan yang tidak masuk akal.
By solah683

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s